Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

Sejarah Piala Dunia Tahun 2002

Wednesday, February 13, 20131komentar



Data & Fakta
Piala Dunia 2002 adalah Piala Dunia ke-17 dan digelar di 2 negara Asia, yakni Korea Selatan dan Jepang. Turnamen ini berlangsung dari 31 Mei sampai 30 Juni. Ini adalah pertama kalinya Piala Dunia digelar di benua Asia.
Di turnamen ini pula pertama kalinya aturan golden goal diimplementasikan. Brasil menjadi juara di ajang ini setelah mengalahkan Jerman 2-0 di final. Adapun tempat ketiga direbut Turki yang menumbangkan tuan rumah Korsel.
Ajang ini menjadi pembuktian kehebatan Ronaldo Lu�s Nazario de Lima. Jika empat tahun sebelumnya, ia gagal mengantar Tim Samba juara, kali ini Ronaldo lebih beruntung. Ia menyumbangkan 8 gol yang ikut menentukan keberhasilan Selecao meraih gelar kelima mereka. Ronaldo juga menjadi top scorer di ajang itu.
Meski Ronaldo tampil sempurna, namun gelar pemain terbaik gagal ia dapatkan. Gelar ini jatuh ke tangan kiper legendaris Jerman, Oliver Kahn.
Selama turnamen berlangsung, Kahn tampil impresif. Ia mampu menjadi benteng tangguh pertahanan Der Panzer. Jerman tercatat hanya sekali kebobolan sebelum partai final digelar. Kahn juga menjadi kiper pertama yang mendapatkan gelar prestisius ini.
Kontroversi
Perjalanan Korsel ke babak semifinal penuh kontroversi. Ada sejumlah tuduhan bahwa Negeri Ginseng itu mendapatkan bantuan dari wasit.
Pada perempat final misalnya, Korsel berhasil menyingkirkan Spanyol di babak adu penalti. Di waktu normal Tim Matador sebenarnya mampu mencetak dua gol, namun keduanya dianulir oleh wasit.
Share this article :
 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger