Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

Sejarah Piala Dunia Tahun 1990

Wednesday, February 13, 20130 komentar

Data & Fakta
Piala Dunia 1990 adalah Piala Dunia ke-14. Turnamen ini digelar di Italia dari 8 Juni sampai 8 Juli. Ini adalah kedua kalinya Italia menjadi tuan rumah.
Sebanyak 116 negara bersaing di babak kualifikasi untuk lolos ke turnamen ini. Kualifikasi dimulai sejak bulan April 1988. Sebanyak 22 tim yang lolos dari kualifikasi kemudian bergabung dengan tuan rumah Italia serta juara bertahan Argentina untuk tampil di Piala Dunia ini.
Jerman Barat keluar sebagai juara setelah mengalahakan Argentina 1-0 di final. Ini adalah partai ulangan final empat tahun yang lalu. Bagi Der Panzer, ini adalah gelar ketiga mereka.
Tuan rumah sendiri finish di tempat ketiga setelah mengalahkan Inggris 2-1.
Piala Dunia 1990 sering disebut-sebut sebagai salah satu Piala Dunia terburuk sepanjang masa. Rata-rata gol per pertandingan cukup kecil, yakni 2,21 gol. Ini adalah rekor terburuk yang masih bertahan hingga sekarang.
Kebanyakan tim-tim di turnamen ini bermain "aman" selama 120 menit dan kemudian mencoba keberuntungan di babak adu penalti. Selain itu, para wasit juga harus mengeluarkan sebanyak 16 kartu merah sepanjang turnamen karena permainan keras tim-tim yang berlaga.
Pemain terbaik di turnamen ini adalah legenda Gli Azzurri, Salvatore Schillaci. Ia juga menjadi top scorer dengan torehan 6 gol.
Bola resmi yang digunakan adalah Adidas Etrusco Unico.
Fakta Unik
Pada laga semifinal antara Argentina melawan Italia, wasit Michel Vautrot menambahkan waktu sebanyak 8 menit pada babak pertama perpanjangan waktu. Ini dilakukan karena sang wasit lupa melihat waktu pertandingan.
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger