Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

Sejarah Piala Dunia Tahun 1958

Wednesday, February 13, 20130 komentar

Data & Fakta
Piala Dunia ke-6 ini digelar di Swedia pada 8-29 Juni 1958. Ada 16 tim yang mengikuti turnamen ini. Sebanyak 14 timnya harus melalui babak kualifikasi terlebih dahulu, sementara Swedia sebagai tuan rumah dan Jerman Barat sebagai juara bertahan sudah otomatis lolos.
Turnamen ini dimenangi oleh Brasil yang mengalahkan Swedia 5-2 di partai puncak. Hingga sekarang, Piala Dunia 1958 adalah satu-satunya Piala Dunia di mana tim-tim Eropa gagal juara di benua mereka sendiri.
Ini adalah Piala Dunia di mana karier pemain legendaris Brasil, Pele, bersinar.Pele ketika itu baru berusia 17 tahun dan sukses mengantar Tim Samba menjadi juara.Ia juga mencetak 6 gol sepanjang turnamen.
Nama lain yang mencuat di turnamen ini adalah Just Fontaine dari Perancis. Striker kebanggaan Les Bleus itu sukses melesakkan 13 gol sepanjang turnamen.Rekor impresif ini masih bertahan sampai sekarang.
Fakta Unik
Meski mampu mencetak 6 gol, Pele sebenarnya bukanlah pemain utama di Tim Samba. Pada dua laga perdana di penyisihan grup, Pele bahkan sama sekali tidak bermain. Ia baru tampil di laga ketiga saat melawan Uni Soviet dan menyumbangkan 1 assist.
Di perempat final, Pele menyumbangkan gol pertamanya untuk Brasil saat menghadapi Wales.Ia juga menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Piala Dunia di usia 17 tahun 239 hari.
Pemain bernama lengkap Edison Arantes do Nascimento itu lalu mencetak hat-trick di semifinal saat melawan Perancis. Hingga sekarang, Pele adalah satu-satunya pemain muda di dunia yang berhasil mencetak hat-trick di Piala Dunia.
Kisah indahnya di Piala Dunia 1958 ia akhiri dengan mencetak dua gol di partai final, sekaligus mengantar Tim Samba juara.
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger