Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

Sejarah Piala Dunia Tahun 1934

Wednesday, February 13, 20130 komentar

Data & Fakta
Piala Dunia ke-2 ini berlangsung di Italia. Turnamen ini berlangsung pada 27 Mei - 10 Juni 1934 dan diikuti oleh 16 negara. Jumlah ini meningkat 3 negara dari turnamen sebelumnya.
Ini adalah turnamen pertama, di mana negara-negara sepakbola harus melalui babak kualifikasi terlebih dahulu untuk bisa lolos ke ajang ini. Untuk menjadi tuan rumah, Italia harus bersaing ketat dengan Swedia.
Semua pertandingan di Piala Dunia pertama ini dimainkan di ibukota Uruguay, Montevideo. Mayoritas pertandingan digelar di Estadio Centenario, yang memang sengaja dibangun untuk menyambut turnamen Piala Dunia. Sebanyak 13 tim dibagi menjadi 4 grup, di mana setiap pemuncak klasemen berhak melaju ke semifinal.
Argentina, Uruguay, Amerika Serikat dan Yugoslavia lolos ke babak empat besar setelah menyingkirkan saingan mereka di penyisihan grup. Di final, tuan rumah Uruguay mengalahkan Argentina dengans kor 4-2 di hadapan 93.000 penonton dan menjadi negara pertama yang memenangi trofi Piala Dunia.
Gol-gol Uruguay dicetak Pablo Dorado, Pedro Cea, Santos dan Castro. Adapun gol Tim Tango dilesakkan Carlos Peucelle dan Guillermo Stabile.
Nama terakhir juga sukses menjadi top scorer turnamen dengan torehan 8 gol.
Kontroversi
Di partai final, Argentina (yang kalah 2-4) sebenarnya sempat unggul 2-1 di babak pertama. Ketika itu pertandingan berlangsung dengan menggunakan bola dari Argentina.
Namun, di babak kedua bola diganti dengan bola tuan rumah dan ini menginspirasi semangat pasukan Uruguay untuk membalikkan keadaan menjadi 4-2.
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger