Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

Sejarah Piala Dunia Tahun 1978

Wednesday, February 13, 20130 komentar

Data & Fakta
Piala Dunia 1978 adalah Piala Dunia ke-11 dan digelar di Argentina pada 1-25 Juni. Turnamen ini diikuti oleh 16 negara yang dibagi ke dalam 4 grup.
Kontroversi sebenarnya sempat mencuat sebelum Piala Dunia ini dimulai. Dua tahun sebelum turnamen berlangsung, sempat ada kudeta militer di Argentina. Beberapa negara pun mempertimbangkan kembali untuk bermain di Argentina.
Kontroversi lain adalah semua pertandingan tuan rumah selalu dimainkan pada malam hari. Ini memberikan keuntungan kepada Argentina karena mereka bisa mengetahui hasil-hasil laga lain terlebih dahulu.
Turnamen ini dimenangkan oleh Tim Tango yang mengalahkan Belanda 3-1 lewat babak perpanjangan waktu di partai final. Ini adalah gelar juara dunia pertama Albiceleste.
Mereka juga menjadi tim kelima setelah Uruguay, Italia, Inggris dan Jerman Barat yang menjadi tuan rumah sekaligus juara. Bola yang digunakan pada turnamen ini adalah bola resmi bernama Adidas Tango.
Mario Kempes menjadi raja di turnamen ini. Ia menjadi pemain terbaik, pencetak gol terbanyak (6 gol), sekaligus mengantar Argentina juara.
Fakta Unik
Pemain Hungaria, Laszlo Kiss, mencatatkan namanya di buku sejarah. Ia menjadi pemain pengganti pertama yang mencetak hat-trick sekaligus membantu timnya menang 10-1 atas El Savador.
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger