Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

Paus Benediktus XVI dipaksa tinggalkan Vatikan

Thursday, February 14, 20130 komentar

 Paus Benediktus XVI dipaksa tinggalkan Vatikan
Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Benediktus XVI. (reuters)


Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Benediktus XVI telah mengumumkan mundur dari jabatannya akhir bulan telah dipaksa untuk meninggalkan apartemennya di Kota Vatikan.

Sejumlah pejabat senior Vatikan mengungkapkan tekanan itu muncul lantaran ada kekhawatiran Paus Benediktus bisa mencampuri urusan penggantinya nanti. Mereka mengungkapkan sejumlah kardinal sudah menyampaikan isyarat itu langsung terhadap Paus Benediktus, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Kamis (14/2).

Pihak Vatikan menyatakan Paus baru bakal dipilih sebelum akhir Maret (perayaan Paskah). Sebanyak 117 kardinal dari seluruh dunia berkumpul di Vatikan untuk menentukan pemimpin baru umat Katolik sejagat baru.

Salah satu figur mendesak Paus Benediktus XVI segera meninggalkan Vatikan, menurut koran Corriere della Sera, adalah Uskup Agung Rino Fisichella. Padahal, Paus Benediktus XVI pada 2010 menunjuk dia memimpin sebuah dewan bertugas pengaruh Katolik di negara-negara mayoritas pemeluk agama itu.

Jurnal National Catholic Reporter juga melaporkan soal tekanan buat mengasingkan Paus Benediktus XVI dari Vatikan.

Suasana dalam Vatikan kian panas setelah Georg Ratzinger, kakak kandung Paus Benediktus bernama asli Joseph Ratzinger, mengatakan Paus Benediktus siap memberi saran jika pemimpin baru nantinya memerlukan.
Namun, komentar ini disanggah oleh beberapa pejabat Vatikan. Menurut mereka, Paus Benediktus tidak punya urusan lagi setelah paus baru terpilih.

Selentingan beredar ada dua kubu berebut pengaruh dalam pemilihan paus baru.
[fas]
Sumber: merdeka.com
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger