Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

Sejarah Piala Dunia Tahun 1982

Wednesday, February 13, 20130 komentar

Data & Fakta
Piala Dunia 1982 adalah Piala Dunia ke-12. Turnamen ini digelar di Spanyol dari 13 Juni sampai 11 Juli. Berbeda dengan beberapa Piala Dunia sebelumnya, jumlah peserta di turnamen ini ditambah dari 16 peserta menjadi 24 peserta. Dengan jumlah ini, jatah negara-negara Asia dan Afrika juga otomatis bertambah.
Italia keluar sebagai juara di ajang ini setelah mengalahkan Jerman Barat 3-1 di partai final. Ini adalah ketiga kalinya Gli Azzurri memenangi Piala Dunia sejak 1938. Adapun juara bertahan Argentina yang sebelumnya sangat diunggulkan langsung tersingkir di babak penyisihan grup.
Pahlawan Italia di turnamen ini adalah striker legendaris Paolo Rossi. Ia menjadi top skorer dengan 6 gol, termasuk mencetak hat-trick saat menekuk Brasil di penyisihan grup. Di laga final, Rossi juga menyumbangkan satu gol.
Uniknya, Rossi ternyata sebelum Piala Dunia dimulai adalah "musuh" rakyat Italia. Ia kurang disukai karena tidak terlalu tajam di depan gawang.
Ia juga sempat terlibat skandal sepakbola yang dikenal dengan nama Totonero, di mana Rossi akhirnya dinyatakan bersalahan dan dijatuhi hukuman tak boleh main selama 2 tahun.
Kendati demikian, ia membayar kepercayan pelatih Enzo Bearzot dengan ketajamannya sepanjang turnamen.
Fakta Unik
Kiper Italia, Dino Zoff , mencatatkan sejarah sebagai pemain tertua yang tampil di final Piala Dunia. Ketika itu, usia Zoff sudah 40 tahun dan rekor ini masih bertahan hingga sekarang.
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger