Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

Sejarah Piala Dunia Tahun 1974

Wednesday, February 13, 20131komentar

Data & Fakta
Piala Dunia 1974 adalah Piala Dunia ke-10 dan digelar di Jerman Barat pada 13 Juni sampai 7 Juli. Di turnamen ini, trofi Piala Dunia pertama kalinya digunakan, setelah pada 1930 sampai 1970 yang digunakan adalah trofi Jules Rimet.
Trofi Piala Dunia dibuat oleh orang Italia, Silvio Gazzaniga. Trofi Jules Rimet sendiri sudah diberikan secara permanen kepada Brasil yang sukses menjadi juara dunia sebanyak tiga kali.
Di turnamen ini, Jerman Barat keluar sebagai juara setelah mengalahkan Belanda 2-1 di final. Ini adalah keberhasilan kedua Jerman Barat menjadi juara, setelah sebelumnya mereka sukses pada tahun 1954.
Legenda Belanda, Johan Cruijff, terpilih sebagai pemain terbaik di ajang ini. Ia sukses memimpin Belanda dengan gaya main "Total Football" sampai ke partai puncak. Apa daya, di final Cruijff dan kawan-kawan harus mengakui ketangguhan tuan rumah.
Top scorer turnamen ini adalah legenda Polandia, Grzegorz Lato, yang mencetak 7 gol sepanjang turnamen.
Fakta Unik
Untuk pertama kalinya sejak turnamen Piala Dunia bergulir, partai final tidak diadakan di ibukota negara penyelenggara. Laga final antara Jerman Barat dan Belanda digelar di kota Munich, tepatnya di Olympiastadion.
Share this article :
 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger