Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

Sejarah Piala Dunia Tahun 1962

Wednesday, February 13, 20130 komentar

Data & Fakta
Piala Dunia 1962 adalah Piala Dunia ke-7 dan diselenggarakan di Cile pada 30 Mei sampai 17 Juni. Sebanyak 57 negara dari 6 benua bersaing di babak kualifikasi demi memperebutkan 14 tiket ke ajang ini. Adapun dua tiket sisa dari total 16 peserta menjadi jatah tuan rumah dan juara bertahan, Brasil.
Piala Dunia 1962 merupakan salah satu Piala Dunia paling kontoversial.Saat Cile menghadapi Italia di penyisihan grup, terjadi aksi tindak kekerasaan di babak pertama yang kemudian dikenal dengan sebutan "Battle of Santiago".
Perlu diketahui, hubungan Italia dan Cile saat itu memang sedang memanas. Tim Italia sampai harus mendapat pengawalan ketat saat pertandingan usai demi menghindari amukan massa.
Tim Samba menjadi juara di ajang ini setelah mengalahkan Cekoslovakia 3-1 di partai final. Selecao menjadi tim kedua setelah Italia yang sukses mempertahankan gelar juara dunia mereka.
Tuan rumah Cile menduduki peringkat ketiga setelah mengalahkan Yugoslavia dengan skor 1-0.
Ini adalah Piala Dunia pertama di mana penghargaan pemain terbaik diberikan.Striker legendaris Brasil, Garrincha, terpilih menjadi yang terbaik.Ia mencetak empat gol dan sukses mengantar negaranya juara.
Adapun top scorer turnamen ini ada 6 pemain yang sama-sama menciptakan empat gol. Mereka adalah Garrincha (Brasil), Vava (Brasil), Leonel S�nchez (Cile), Florian Albert (Hungaria), Valentin Ivanov (Uni Soviet) dan Drazan Jerkovic (Yugoslavia).
Fakta Unik
Dalam laga perempat final antara Brasil melawan Inggris, seekor anjing masuk ke lapangan pertandingan. Pemain Inggris, Jimmy Greaves, kemudian berhasil mengejar dan menangkap anjing itu. Sialnya, ia malah dikencingin oleh binatang tersebut.
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger