Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

7 Masjid Paling Indah di Muka Bumi

Saturday, February 23, 20130 komentar

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim. Tak hanya sebagai tempat ibadah, kadang mesjid juga sebagai tujuan wisata di beberapa negara. Keindahan serta kemegahan menjadi salah satu daya tarik bagi sebuah masjid. Namun bila di kembalikan ke fungsinya, kemegahan dan keindahan suatu mesjid tak dapat dijadikan ukuran ideal untuk sebuah masjid.

Berikut 7 Masjid yang paling Indah yang ada di Muka Bumi.

1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh, Indonesia

Masjid yang terletak di tanah air Indonesia ini dulunya merupakan masjid kesultananan Aceh. Nama Masjid Raya Baiturrahman ini berasal dari nama Masjid Raya yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. Dilihat dari sejarah, Masjid Raya Baiturrahman ini mempunyai nilai yang tinggi bagi rakyat Aceh, karena sejak Sultan Iskandar Muda sampai sekarang masih berdiri megah di tengah jantung kota Banda Aceh. Selain berfungsi sebagai tempat beribadah dan kegiatan keagamaan, Masjid ini juga menjadi salah satu objek wisata di Aceh.


2. Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan


Masjid Faisal terletak di bagian Utara kota Islamabad serta merupakan masjid yang paling besar di Pakistan bahkan se-Asia Selatan. Dengan bentuk yang unik, membuat masjid ini masuk ke dalam masjid terindah di Dunia. Masjid ini berbentuk layaknya sebuah tenda dengan bentuk kubah yang tak sama dibandingkan masjid lain pada umumnya. Keindahan masjid ini pernah di singgung dalam novel karya Khaled Hosseini yang berjudul The Kite Runner.


3. Masjid Taj-UI, India


Konstruksi masjid ini dimulai oleh Sultan Shah Jahan, pemimpin Bhopal. Pembangunan masjid ini sempat terhenti karena beralasan dana, Hingga 1971 masjid baru mulai dibangun kembali. Masjid Taj-UI berarti “mahkota para masjid”.


4. Great Mosque Of Xi’an, provinsi Shaanxi, Cina



Masjid ini terletak di dekat Drum Tower, Provinsi Shannxi, Cina. Desain masjid ini sangat kontras. Tak seperti masjid lainnya yang terdiri dari kubah-kubah, masjid ini malah sedikit mirip sebuah kui di Cina. Masjid ini juga termasuk masjid tertua di Dunia yang sudah ada sejak tahun 742.


5. Masjid Badshashi, Lahore, Pakistan


Bila Masjid Faisal merupakan masjid terbesar di pakistan, maka urutan ke-duanya dipegang oleh Masjid Badshashi. Keagungan era mugal membuat bangunan ini masuk menjadi Masjid terindah di Dunia.


6. Masjid Jamek, Kuala Lumpur, Malaysia


Dibangun pada tahun 1909, dan merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur, Malaysia. Terletak di pertemuan Sungai Klang dan Sungai Gombak yang merupakan tempat asal muasal kota Kuala Lumpur. Bangunan dari masjid ini terinspirasi dari seni bangunan Mogul, dari bagian Utara India.


7. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul, Turki


Masjid Sultan Ahmad dibangun antara tahun 1609 dan 1616 M selama pemerintahan Sultan Ahmas 1. Masjid ini merupakan masjid Nasional Turki, dan merupakan masjid bersejarah di Istambul. Masjid ini lebih terkenal sebagai Masjid Biru karena keramik biru yang menghiasi dinding dan interiornya.
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger