Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

7 Dampak Positif dari Perang Dunia 2

Monday, February 18, 20130 komentar

Perang Dunia 1 atau Perang Dunia 2 sama saja, sama-sama meninggalkan cerita pilu dan kelam. Meninggalkan trauma yang dalam, Sebagaimana yang telah kita ketahui, perang adalah perantara kekejaman yang besar bagi pribadi atau pun masyarakat. Perang adalah malapetaka sosial yang menimbulkan kepedihan besar dan meninggalkan luka yang dalam kepada manusia, yang perlu waktu lama untuk disembuhkan.

Tetapi dari semua cerita duka, ada dampak positif dari perang . Berikut dampak-dampak positif dari perang Dunia 2:
 1. Melahirkan PBB 
Hasil lain dari Perang Dunia II adalah pembentukan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Setelah perang dunia pertama, Sekutu telah menciptakan Liga Bangsa-Bangsa (LoF), yang tujuannya adalah untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Eropa. Ini adalah organisasi global pertama dalam sejarah, tetapi memiliki beberapa masalah, yang menyebabkan Perang Dunia II. Ketika mereka menciptakan PBB pada tanggal 24 Oktober 1945, Sekutu memastikan untuk meningkatkan PBB, terutama dengan memisahkan kekuasaan di antara lima negara besar (Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Cina, dan Uni Soviet) bukan hanya dua atau tiga ,seperti dalam Liga Bangsa-Bangsa.
 

2. Terciptanya Negara Adidaya Baru.
Meskipun PBB memiliki lima negara besar, hanya ada dua negara yang secara ekonomi kuat setelah Perang Dunia II. Pasokan sumber daya alam dan ekonomi dari negara-negara Eropa Barat, khususnya Inggris, Perancis, dan Jerman terluka parah. Negara-negara ini sebelumnya mendominasi pasar perdagangan dunia, dan sekarang kedua negara baru yang relatif tanpa cedera selama perang mengambil tempat Uni Soviet dan Amerika Serikat. Uni Soviet hanya rusak di sisi barat; timur benar-benar terluka. AS hanya mengirimkan pasukannya ke Eropa, tidak satupun dari pertempuran telah terjadi di tanah Amerika. Perang ini benar-benar mendorong ekonomi Amerika, mengakhiri Depresi Besar dan memungkinkan AS untuk menjadi negara adidaya di pasar pasca perang global.
 

3. Melambungkan Peran Wanita.
Perang itu juga menghasilkan kemenangan besar bagi pendukung hak-hak perempuan. Selama perang, pemerintah setiap negara disusun orang untuk melayani di tentara. Karena laki-laki telah mengadakan sebagian besar pekerjaan saat ini, draft militer meninggalkan sebuah vakum di pabrik-pabrik, kantor, dan peternakan. Vakum ini diisi oleh perempuan, banyak dari mereka yang belum pernah bekerja sebelumnya. Sementara perang berlangsung, para wanita mengembangkan rasa percaya diri dan memperoleh rasa yang kuat untuk kemerdekaan. Pada saat pertempuran berakhir dan orang-orang kembali, wanita menolak untuk melepaskan pekerjaan mereka, banyak dari mereka menikmati dalam mencari nafkah mereka sendiri dan tidak harus bergantung pada suami mereka atau saudara-saudara atau anak. Pemerintah terpaksa untuk memungkinkan perempuan untuk bekerja dan untuk meningkatkan kesetaraan dalam membayar (meskipun gaji tidak sepenuhnya sama bahkan sampai hari ini). Perempuan terus memperjuangkan kesetaraan lengkap,berarti Perang Dunia II benar-benar sangat membantu dalam perjalanan mereka.
 
  4. Kesempatan Merdeka untuk Negara-negara terjajah. 
Langsung atau tidak langsung,perang dunia2 memberikan kesempatan kepada-negara terjajah untuk merdeka,terutama di kawasan Asia termasuk Indonesia, India, Pakistan , Sri Lanka Filipina dan banyak lagi di kawasan Afrika.(khusus untuk Indonesia momen Perang Dunia 2 benar-benar bisa di manfaatkan oleh para pendahulu kita untuk Merdeka).
 

5. Beberapa negara terpecah.

Akibat Perang Dunia2,ada beberapa negara yang berusaha untuk merdeka,tetapi banyak juga negara yang menjadi pecah atau terpecah di antaranya Korea, Vietnam dan Jerman.(untuk Jerman,negara ini telah bersatu kembali setelah robohnya Tembok Berlin).

 
6. Dibentuk NATO dan Pakta Warsawa.

Perang Dunia 2 juga melahirkan North Atlantic Treaty Organization atau disingkat NATO. NATO adalah sebuah organisasi internasional untuk keamanan bersama yang didirikan pada tahun 1949, sebagai bentuk dukungan terhadap Persetujuan Atlantik Utara yang ditanda tangani di Washington, DC pada 4 April 1949.


7. Colombo plan.

 Efect dari Perang Dunia2 juga adalah terbentuknya Colombo plan yang di sponsori Inggris. Colombo plan adalah organisasi regional yang mencakup konsep upaya kolektif antar pemerintah untuk memperkuat pembangunan ekonomi dan sosial negara-negara anggotanya di wilayah Asia-Pasifik . Fokus utama dari semua kegiatan Colombo Plan adalah pada pengembangan sumber daya manusia.
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger