Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

7 Makhluk Reptil Dunia Mitologi

Saturday, February 23, 20130 komentar

Makhluk mitologi adalah makhluk-makhluk yang dianggap ada keberadaannya oleh orang-orang dahulu kala (mitos). Biasanya cerita ini didapatkan secara turun-temurun ke anak cucu mereka hingga sekarang. Bahkan beberapa ilmuwan sedang mencoba mengungkap keberadaan mereka yang sebenarnya. Namun di episode kal ini saya akan membahas makhluk-makhluk mitologi dengan jenis reptil. Get Ready!

1. Basilisk

Basilisk adalah salah satu reptil yang paling melegenda hampir di seluruh dunia. Basilisk disebut sebagai Raja Reptil karena dia memiliki bagian di kepala yang berbentuk seperti mahkota. Menurut legenda, Basilisk dilahirkan dari telur ular atau katak yang dierami oleh ayam. Konon, dia mampu membunuh hanya dengan menatap mata korbannya.


2. Xuanwu

Xuanwu atau dalam bahasa Inggris disebut Black Tortoise adalah salah satu dari ke empat simbol konstelasi China. Kadang juga dikenal dengan nama Black Warrior of North. Dia melambangkan arah utara dan musim dingin. Digambarkan sebagai kura-kura raksasa yang dililit oleh seekor ular yang keduanya berwarna hitam pekat.


3. Long

Long adalah seekor ular raksasa yang sangat terkenal di seluruh dunia dan berasal dari mitologi China. Dia melambangkan "energi ying", sedangkan "energi yang" dilambangkan oleh Feng Huang. Dalam masyarakat tradisional China, Long melambangkan kekuatan yang dahsyat. Para kaisar-kaisar China seringkali menggunakan simbol Long di dalam kekaisarannya (baik dalam bentuk ukiran, mahkota, dan item lain). Long digambarkan juga memiliki empat kaki dan sepasang tanduk.


4. Cipactli

Cipactli adalah makhluk mitologi dalam legenda bangsa Aztec. Dia adalah monster laut yang terdiri dari buaya yang bercampur dengan ikan dan katak. Di bagian tubuhnya ada beberapa mulut yang menganga karena dia selalu lapar. Diceritakan bahwa Cipactli dan Quetzacoatl menciptakan bumi dari bagian tubuh mereka.


5. Dragon

Dragon adalah makhluk raksasa yang seringkali digambarkan seperti ular yang memiliki kaki depan dan kaki belakang (terkadang memiliki tanduk dan dapat terbang). Dragon hampir ada di setiap kisah mitologi di seluruh dunia. Konon, beberapa Dragon dikatakan mampu menyemburkan api dari nafas mereka. Jenis Dragon yang tidak memiliki kaki depan disebut Wyvern.


6. Emela-Ntouka

Emela-Ntouka adalah binatang legendaris dari mitologi suku Pygmy yang berasal dari Afrika Tengah. Dalam bahasa Lingala, Emela-Ntouka bermakna "Pemburu Gajah". Diperkirakan makhluk tersebut berukuran sebesar Gajah Bush Afrika yang memiliki warna coklat keabu-abuan, memiliki ekor yang berat, badannya hampir seperti badak, dan memiliki satu tanduk panjang di kepala.


7. Makara

Makara adalah makhluk mitologi dalam kepercayaan Hindu. Digambarkan dengan wujud separuh binatang darat dan separuh binatang air. Makara merupakan Vahana (kendaraan) dari Ganga (dewi sungai) dan Varuna (dewa laut). Makara juga salah satu dari keduabelas simbol zodiak, yaitu Capricorn. Namanya memiliki arti "naga laut".
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger