Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

10 Rekor Burung di Dunia

Wednesday, February 27, 20130 komentar

1. Burung Terkecil Di Dunia
Ketika pertama kali terlihat oleh fotografer, burung kolobri lebah (mellisuga helenae) lebih mirip serangga. Tetapi kenyataannya, ia adalah burung terkecil di dunia. Ya, sebenranya, hanya burung jantan – yang panjangnya kurang dari lima sentimerter – yang berhak menyandang helar tersebut. Burung betina lebih panjang sekitar seperenam inci (sekitar 0,6 cm). Keduanya berbobot kira-kira dua gram, kira-kira senerat uang logam amerika satu peni (kalau berat uang logam kita pecahan 100 rupiah berapa gram ya?) seperti kebanyakan burung, makanan utama mereka adalah nektar amat manis yang didapat dari leher bunga-bungaan hutan. Mereka juga menyantap serangga dan laba-laba kecil sebagai makanan tambahan.


2. Burung Terbesar Di Dunia
burung unta merupakan burung terbesar di dunia. Mereka lebih tinggi dari kita. Seekor burung unta bisa mencapai tinggi dua setengah meter dan berat 120 kilogram. Burung ini, yang hidup secara berkelompok di afrika tengah, tidak dapat terbang. Sebagai gantinya, burung unta mempunyai kemampuan lain supaya mereka dapat lepas dari pemangsanya: Mereka dapat berlari sangat cepat dengan kakinya yang panjang. Mereka berlari begitu cepat sehingga tidak ada seorang pun yang dapat menandinginya. Burung unta adalah binatang berkaki dua yang berlari paling cepat dan kecepatannya dapat mencapai 70 kilometer per jam.





3. Burung Terlangka Di Dunia
kelompok konservasi kolombia, fundacion proaves menemukan dua koloni dari salah satu burung paling langka di dunia, oropenduala baudo (psarocolius cassini). Burung itu diketahui hanya ada selusin sebelum adanya penemuan tersebut. Sekarang para peneliti, yang bekerja di barat kolombia cordillera 75 mil dari habitat aslinya, telah menemukan 70 sampai 80 dari burung yang sangat langka itu. Pesies burung itu sebagian besar berwarna hitam dengan sayap coklat, abu-abu dan ekor panjang kuning. Burung itu memiliki bagian pipi merah muda yang membedakannya dari burung serupa. Burung itu suka hidup berkelompok memakan serangga besar dan buah-buahan. Burung itu sangat vokal dan memproduksi berbagai macam lagu.


4. Burung Terakus Di Dunia
burung hering atau burung pemakan bangkai merupakan karnivora tingkat satu. Makanan mereka adalah daging, hanya daging dan cuma daging walaupun daging itu terhidang “setengah matang” maupun udah membusuk. Mereka akan melahap bangkai binatang sebanyak mungkin, secepat mungkin, sampai-sampai berat mereka menjadi 20 % lebih berat setelah makan. Burung hering jarang menyerang mangsa yang sehat, namun berkemungkinan untuk melukai, bahkan membunuh, mangsa yang sakit atau terluka. Jika mangsanya terlalu besar untuk dimakan sendiri, umumnya mereka menunggu hering terbesar untuk selesai makan terlebih dahulu. Tidak jarang terjadi pertempuran yang melibatkan hering dalam jumlah besar. Mereka akan berhenti makan hingga tembolok mereka terasa penuh.


5. Burung Dengan Rentang Sayap Terpanjang Di Dunia
burung dengan rentang sayap terbesar di dunia adalah albatros pengelana atau the wandering albatross dengan rentang lebih dari 5 m dari ujung ke ujung (kebayang besarnya kayak apa). Burung ini hidup di lautan selatan dunia dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut kecuali beristirahat. Merupakan burung laut yang termasuk kedalam ordo procellariiformes. Dapat terbang dengan jarak yang amat jauh hampir tanpa mengepakkan sayapnya. Terdapat di Atlantik Selatan, Samudra Hindia dan Pasifik.
6. Burung Tercerdas Di Dunia
Kakak Tua Abu-Abu Afrika terdapat di hutan afrika bagian barat dan tengah. Burung ini telah lama dikenal mampu menirukan suara manusia, tetapi kakaktua abu-abu afrika mampu menghubungkan kata-kata dan membentuk kalimat sederhana. Burung ini berkomunikasi dengan sesamanya melalui suara dan bahasa tubuh. Burung beo abu-abu afrika sangat mudah dilatih dan mampu menirukan suara dengan sempurna. Beberapa burung yang telah dilatih mampu mengenali sekitar 50 objek, tujuh warna, lima bentuk, dan menghitung sampai dengan enam. Mereka mampu membedakan besar dan kecil, atas dan bawah. Ada sebuah cerita tentang burung beo abu-abu afrika di nagarey, jepang. Burung tersebut tersesat dalam keadaan terluka, sehingga dikirim ke rumah sakit khusus hewan. Selama di rumah sakit burung itu mengatakan “I am Mr. Yosuke Nakamura.”, burung itu juga menjelaskan alamat lengkap rumahnya, sehingga burung itu dapat dikembalikan ke alamat pemiliknya.


7. Burung tergalak di dunia
burung kasowari atau cassowary bird, pernah dengar? Inilah burung paling berbahaya di dunia. Indah tapi galaknya minta ampun, dan sangat agresif. Karena itu kasowari tidak dibiarkan bebas, para pengunjung yang ingin melihat diberi jarak, karena binatang ini begitu pemarah dan tak segan-segan mengejar 'korbannya'. Guinness world record memasukkan kasowari dalam catatan rekornya sebagai burung paling berbahaya di dunia. Biasanya burung unik ini hidup di hutan-hutan hujan di kwasan australia dan papua new guinea. Kasowari termasuk dalam daftar binatang yang paling sulit dipelihara di kebon binatang. Pasalnya burung pemarah ini kerap membuat pawangnya cidera. Burung yang sangat sulit dikendalikan. Lihat saja salah satu foto ini bagaimana sang pawang harus berjuang mati-matian dari amukan kasowari. Dan, katanya, kalo kasowari marah, dia bisa menjadi sangat kejam dan tak kenal ampun..


8. Burung termahal di dunia
biasanya, amazon yellow-naped(amazona auropalliata) berwarna hijau dengan bercak kuning di dahi dan belakang leher. Amazon yellow-naped berkarakter aktif, cerdas dan mampu menirukan ucapan manusia. Burung ini dikenal sebagai individu yang sangat langka yang tercakup dalam bulu pirus indah dan ditemukan di honduras lebih dari satu dekade yang lalu. Harga burung yellow-naped amazon sekitar $ 300.000 dan telah dibeli oleh seorang pengusaha dari kuwait. Bagi anda pecinta binatang peliharaan seperti burung, apakah anda tertarik untuk membeli burung-burung eksotis yang paling mahal sebagai koleksi hewan peliharaan di rumah anda?


9. Burung tercepat di dunia
spine-tailed swift, atau biasa disebut white-throated needletail adalah burung paling cepat di dunia saat terbang yang mampu terbang dengan kecepatan hingga 170 km / h (105 mph). Burung ini memiliki kaki yang sangat pendek yang digunakan hanya untuk menempel pada permukaan vertikal. Mereka membangun sarang di celah-celah batu di tebing atau lubang pohon. Tidak pernah menetap di tanah dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di udara dengan memakanserangga yang dimangsanya.
Swifts berkembang biak di daerah perbukitan yang berbatuu di asia dan selatan siberia . Spesies ini bermigrasi saat musim dingin ke selatan australia. Sebagian kecil habitat burung ini ditemukan di eropa barat, norwegia , swedia dan inggris .


10. Burung terbang tertinggi
bar-headed goose adalah burung perkasa! Mereka terbang dari india melintasi wilayah himalaya, di atas everest, dalam perjalanan mereka untuk berkembang biak di tibet. Mereka mampu terbang di ketinggian 12.000 sampai 14.000 kaki (sekitar sampai dengan 4.267 m) dengan angin yang bertiup dalam kecepatan lebih dari 200 mph (322 km/jam) dan temperatur yang sangat rendah sehingga dapat membekukan. Pada ketinggian ini, tingkat kandungan oksigen akan berkurang sepertiga dan bahkan kerosen tidak dapat terbakar di ketinggian ini, helikopter bahkan tidak dapat terbang di ketinggian ini. Kekuatan dan ketekunan mereka untuk terus terbang yang justru meningkatkan suhu tubuh mereka, panas yang dapat disimpan oleh bulu-bulu sayap. Panas yang sama dapat melelehkan es yang melekat di bulu sayap ketika mereka terbang melintasi pegunungan. Angsa ini juga memiliki tipe hemoglobin yang khusus untuk menyerap oksigen lebih cepat daripada burung jenis lain, mereka juga dapat dapat mengekstraksikan oksigen lebih banyak dari nafas mereka dibandingkan dengan jenis burung lain.
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger