Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

Cara Promosi Blog Dengan Ping

Tuesday, February 26, 20130 komentar

SEO3 Arti PING (Packet Internet Groper) pada blog adalah pemberitahuan ke sebuah situs web directory search engine bahwa blog telah dibuat atau diperbarui untuk segera di-crawl oleh site map search engine. Ping biasanya berupa pesan XML yang berisi URL blog. Situs pelacak blog biasanya menerbitkan alamat internet terpisah untuk menerima ping. Situs berita juga biasanya memiliki alamat ping sendiri. Ping berguna untuk promosi blog karena memberitahukan situs lain ketika sebuah blog diperbarui sehingga bisa mengarahkan dan meningkatkan traffic pengunjung. Ping juga digunakan ketika sebuah blog A mengirimkan pelacakan ke Blog B untuk memberitahu Blog B (lewat ping dan mengakibatkan pelacakan komentar) bahwa Blog A memiliki link ke Blog B. Istilah ini lebih dikenal dengan “trackback”. Sedangkan pelacakan dalam satu blog yang sama atau antar tulisan dalam satu blog dikenal dengan “pingback”,    karena dengan menggunakan Ping blog berarti  menginformasikan pada search engine bahwa adanya update terbaru dari blog atau website Anda. Sehingga search engine segera membaca adanya informasi atau artikel baru dari blog Anda. Sebenarnya kalau situs web ataupun blog kita sudah terdaftar dan ada sitemap ( peta situs ) di google melalui alat webmaster tools google maka sebenarnya tidak perlu  melakukan ping karena robot google akan mengindeks setiap halaman baru dari website blog ataupun situs kita. Untuk itu Anda jangan  mengharapkan robot crawl dari search engine datang sendiri untuk mengindeks halaman baru dari blog Anda.
Untuk itulah perlu adanya pemberitahuan kepada robot google dengan menggunakan layanan ping ke google agar content terbaru dari website atau blog kita dapat segera secepatnya di ketahui robot google dan cepat masuk ke database hasil pencarian google.
Cara menggunakan layanan ping google ada 2 jenis yaitu :

  1. Ping Google secara Otomatis.
  2. Ping Google secara Manual.

1. Ping Google secara Otomatis :
Cara ini adalah cara yang lebih praktis dan sering dipakai para webmaster  agar blog selalu diketahui banyak pengunjung. Dengan menggunakan layanan ping secara outomatis kita dapat mendaftarkan alamat content terbaru dari URL blog kita ke berbagai web directory dengan hanya sekali nge-ping, Memang robot crawl google sebenarnya sudah  menyediakan layanan ping standart,  Jika Anda tidak puas dengan layanan ping pada google  , masih banyak pilihan layanan ping outomatis lainnya yang sudah teruji determinasinya untuk meningkatkan traffic pengunjung blog atau website Anda , Anda bisa menggunakan layanan situs ping yang sangat direkomendasikan seperti contoh dibawah ini.

1. http://www.mypagerank.net/service_pingservice_index, Untuk melakukan layanan ping pada mypagerank sebaiknya Anda menjadi membersnya, dengan menjadi anggota pada layanan mypagerank Anda akan lebih optimal untuk melakukan ping, setelah Anda menjadi member pada mypagerank untuk melakukan ping langsung saja Anda pilih pada bagian menu link sebelah kiri halaman website mypagerank yaitu bagian Ping Service, setelah Anda klik link ping service silahakan Anda isi detail blog Anda yang ingin di-ping , pada bagian Blog Title : Isi dengan judul website atau blog Anda, Pada bagian Blog URL : Masukan alamat URL blog Anda, masukan code caphtca yang sudah tersedia, pada bagian kotak cek list Select centang beberapa layanan web directory yang akan menerima halaman blog Anda yang akan diping, seperti contoh gambar dibawah ini:
 pingformypagerank
pingmypr2
 pingmypr3

Setelah Anda menyelesaikan tahap pengisian detail blog atau website Anda untuk melanjutkan proses nge-ping silahkan Anda klik pada bagian Ping updates sites.
Anda juga dapat memanfaatkan layanan ping secara outomatis dengan menggunakan Auto Ping pada mypagerank, dengan menggunakan layanan ini alamat URL blog atau website Anda yang sudah terdaftar pada database mypagerank pada saat Anda mengaktifkan Auto Ping maka secara outomatis alamat URL blog Anda akan diping ke berbagai web directory search engine, dibawah ini adalah contoh gambar  tampilan layanan Auto Ping pada mypagerank :
autoping pagerank
Secara outomatis website atau blog Anda di-ping ke berbagai layanan webdirectory :
autoping pagerank2


Buka situs web ping http://www.pingoat.com, Pada bagian isian Blog name Isi dengan nama title blog Anda, Blog url : isikan dengan nama URL home page halaman website atau blog Anda, XML feed  (optional) : isikan dengan nama url RSS feed XML Anda. Pada bagian kotak check list General, Non English service, Special service , centang beberapa layanan yang akan dimasukan untuk mendaftarkan halaman URL Anda ke berbagai layanan web directory , seperti contoh gambar dibawah ini.

pingoatping  

Setelah Anda mengisi bagian Get Startup detail isi Blog , Untuk menyelesaikan  proses nge-ping  silahkan klik Go Pingoat.

Buka situs web ping http://www.pingomatic.com , Pada bagian isian Blog  Isi dengan nama blog Anda, Blog home page : isikan dengan nama URL home page halaman website atau blog Anda, RSS URL (optional) : isikan dengan nama url RSS feed Anda, Pada bagian kotak check list centang beberapa layanan yang akan dimasukan untuk mendaftarkan halaman URL Anda ke berbagai web directory ping, seperti contoh gambar dibawah ini.
 pingomatic

Setelah Anda mengisi data detail Blog , Untuk menyelesaikan  proses nge-ping  silahkan klik Send Pings.

2. Ping Google secara manual
Anda juga dapat melakukan ping secara manual yang sudah disediakan oleh robot index pada crawl google. Cara ini  merupakan ping melalui layanan dari pihak google sendiri tentunya pihak google akan lebih mengutamakan  setiap website  maupun blog yang melakukan ping dengan menggunakan sumbernya  google dibandingkan  dari sumber layanan situs-situs ping lainnya.
Berikut cara mudahnya melakukan  ping manual ke google :
1. Silahkan anda menuju ke layanan ping dari google dihalaman http://blogsearch.google.com/ping  
2. Masukkan halaman url yang akan diping ke google.

3.Proses ping Anda selesai dan tunggu beberapa saat agar dicrawl oleh robot google, dan halaman url Anda sudah terindex oleh search engine google.


Selesai dan semoga bermanfaat….SALAM SUKSES UNTUK ANDA..!!!
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger