Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

Asal Mula Alat Musik Angklung

Sunday, June 23, 20133komentar


Fama Gulz - Bandung, yang berada di tanah parahyangan erat kaitannya dengan kesenian tradisi sunda dimana terdapat bermacam-macam alat kesenian yang diwariskan salah satu diantaranya alat kesenian tradisi sunda yang dinamakan sebagai angklung, alat musik tradisional yang terbuat dari bambu, yang dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Laras (nada) alat musik angklung sebagai musik tradisi Sunda kebanyakan adalah salendro dan pelog.

Dalam rumpun kesenian yang menggunakan alat musik dari bambu dikenal jenis kesenian yang disebut angklung dan calung, dimana calung dikenal sebagai alat musik Sunda yang merupakan prototipe dari angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan mepukul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam), namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih).

Sejarah Angklung


Sejak kapan angklung muncul masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun, ada angklung tertua yang usianya sudah mencapai 400 tahun. Angklung tersebut merupakan Angklung Gubrag yang dibuat di Jasinga, Bogor, Jawa Barat. Di Serang, angklung jenis ini dianggap sebagai alat musik sakral yang digunakan saat mengiringi mantera pengobatan orang sakit atau menolak wabah penyakit.

Angklung memang dikenal berasal dari Jawa Barat. Namun, di beberapa daerah di Indonesia juga ditemukan alat musik tradisional tersebut. Di Bali, angklung digunakan pada saat ritual Ngaben. Di Madura, angklung digunakan sebagai alat musik pengiring arak-arakan. Sementara di Kalimantan Selatan angklung digunakan sebagai pengiring pertunjukan Kuda Gepang. Sejarah mencatat bahwa di Kalimantan Barat juga terdapat angklung, tapi menurut beberapa tokoh kebudayaan, angklung tersebut tidak ada lagi.

Pada 1938, Daeng Soetigna menciptakan angklung yang didasarkan pada suara diatonik. Selain sebagai pengiring mantera, awalnya, angklung digunakan untuk upacara-upacara tertentu, seperti upacara menanam padi. Namun, seiring dengan berkembangnya alat musik ini, angklung digunakan dalam pertunjukan kesenian tradisional yang sifatnya menghibur.

Pada masa penjajahan Belanda, angklung menjadi alat musik yang membangkitkan semangat nasionalisme penduduk pribumi. Karena itu, pemerintah Belanda melarang permainan angklung, kecuali jika dimainkan oleh anak-anak dan pengemis karena dianggap tidak memberikan pengaruh apa pun.

Setelah mengalami pasang surut, Daeng Soetigna berhasil menaikkan derajat alat musik angklung. Bahkan, angklung diakui oleh seorang musikus besar asal Australia Igor Hmel Nitsky pada 1955. Angklung dengan suara diatonis yang diciptakan oleh Daeng membuat angklung turut diakui pemerintah sebagai alat pendidikan musik.

Sepeninggal Daeng Soetigna, angklung dikembangkan lagi berdasarkan suara musik Sunda, yaitu salendro, pelog, dan madenda. Orang berjasa yang mengembangkannya adalah Udjo Ngalagena. Udjo yang merupakan salah seorang murid Daeng Soetigna ini mengembangkan alat musik angklung pada 1966.

Sebagai wujud mempertahankan kesenian angklung, Udjo atau biasa dikenal Mang Udjo membangun pusat pembuatan dan pengembangan angklung. Tempat tersebut diberi nama “Saung Angklung Mang Udjo”. Lokasinya berada di Padasuka, Cicaheum, Bandung. Di tempat ini, seringkali diadakan pertunjukan kesenian angklung. Pengunjung yang hadir dapat ikut serta mencoba belajar memainkan alat musik tersebut.

Rekor Dunia Angklung
2011-07-11

Indonesia berhasil menggalang pembuatan rekor dunia “Guinness World Records” permainan angklung dengan peserta multibangsa terbanyak setelah lebih dari 5.000 orang mampu memainkan lagu “We Are the World” di Washington DC, Amerika Serikat.
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

Monday, 20 November, 2017

YUK SOBAT BURUAN BERGABUNG BERSAMA AGEN BANDAR KARTU ONLINE
TERBESAR DAN TERPERCAYA. GAK NYESAL DEH BERMAIN DISINI
BANYAK SEKALI KEUNTUNGAN SELAMA KAMU BERMAIN DI ZOYA99.COM
* PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
* DEPO&WD HANYA 20RIBU
* PERMAINAN YANG SANGAT FAIRPLAY TANPA BOT
* DAPAT BERMAIN MELALUI HP KESAYANGAN KAMU
* BONUS ROLINGAN TERBANYAK
* BONUS REFERALL TERBESAR
* PROSES DEPO&WD YANG SUPER CEPAT
BANK YANG AKTIF
MANDIRI-BNI-BRI-DANAMON-BCA
INFO
BBM: D8B82A86
LINE: zoya_qq
WA: +85515370075

CERITA SEX: http://zoyasex.blogspot.co.id/2017/11/perawan-gadis-pkl-hilang-bersamaku.html

Saturday, 09 December, 2017

** BANJIR BANJIR BANJIR UANG DI MEJA **
VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
----------------------------------------------
Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker | Sakong (New Game) ----------------------------------------------
Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
----------------------------------------------
Bonus Terbesar di VIPbandarQ
1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
----------------------------------------------
Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
----------------------------------------------
Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
CS ONLINE 24/7
BBM : 55AB0E6C
INSTAGRAM : VIPBANDARQORG
SKYPE : VIPBANDARQ
FACEBOOK : VIPBANDARQ
www. VIPBANDARQ. org

Wednesday, 18 April, 2018

Bingung Mencari Situs Judi Online Yang Terpercaya??
Buruan Join Sekarang Juga Bersama ZoyaQQ.org Dan Daftarkan ID Kamu Sekarang Juga!!
Raih Jutaan Rupiah Selama Bermain Disini
Rasakan Sensasi Kenyamanan Bermain Bersama Zoya99
- 8 Permainan Terbaik 2018
- Pelayanan Coustumer Servis Yang Baik,Ramah, Dan Professional
- Porses Depo / WD Super Cepat
- Permainan Yang 100% Fair Play (Member Vs Member)
- Minimal Depo / WD Hanya 20ribu
- Pendaftaran Geratis
Peluang Menjadi Jutawan Terbesar
Hanya Disini Anda Bisa Menjadi Jutawan Besar
CONTAC US:
FACEBOOK : zoya99_net
PIN BBM : D8B82A86 / 2BE5BC31
WA : +85515370075
Line : zoya_qq
Instagram : Zoya99_official

Berita Terkini
http://beritaharianku9.blogspot.com/2018/04/punya-tato-di-kening-mantan-anak-punk.html

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger