Selamat datang di FamaGulz[dot]Blogspot[dot]Com

8 Teknologi Bionik Super Keren di Masa Depan

Friday, March 8, 20130 komentar

Teknologi bionik telah hadir di sekitar kita dan banyak membantu kehidupan manusia. Kemajuan teknologi akan terus menghasilkan inovasi baru dalam segala hal, lalu seperti apakah kira-kira teknologi bionik di masa depan. Berikut ini adalah 8 teknologi bionik di masa depan.

1. RFID Chip
8 Teknologi Bionik Keren di Masa Depan
Orang-orang saat ini cenderung memperdebatkan implan RFID. Ada yang menyebut implan RFID adalah inovasi yang memberikan kenyamanan dan sebagian mengutuk impan ini karena dianggap sebagai ‘tanda binatang buas.’ Tapi untuk implan microchip RFID memang memiliki banyak kegunaan praktis, dengan alat ini Anda bisa membuka pintu rumah atau pintu mobil dengan hanya melambaikan tangan. Alat ini juga bisa digunakan untuk melacak operasi pembedahan untuk memastikan tidak ada benda yang tertinggal di dalam tubuh pasien. FDA telah menyetujui implan microchip, yang seukuran beras, untuk digunakan pada manusia tahun 2004. Anda bisa melihat RFID chip pada gambar di atas.

2. Pakaian Electric Exoskeleton
 Electric Exoskeleton barangkali adalah salah satu teknologi bionik yang bisa memberikan penampilan bergaya masa depan. Alat ini dipakai seperti pakaian yang bisa memberikan tenaga untuk membantu menggerakkan anggota badan. Alat ini juga dapat melindungi tubuh dari benda berbahaya sekaligus memberikan tenaga ekstra untuk melakukan hal yang tidak biasa seperti baju Iron Man. Di jepang sudah ada alat seperti Exoskeleton yang disebut ‘Hybrid Assistive Limb.’ Alat ini sudah ada dan diperjual-belikan sebagai alat bantuan kesehatan untuk mengangkat dan membawa pasien.

3. Mata Bionik

Sistem implan retina benar-benar bisa membantu tuna netra untuk melihat lagi dan para ilmuwan percaya ada manusia yang akan bersedia untuk percobaan dalam waktu setahun atau lebih. Anda bisa melihat prototype mata bionik yang dibuat oleh MIT pada gambar di atas. Mata bekerja dengan kacamata khusus dilengkapi kamera kecil yang menampilkan data visual di bawah retina yang dapat merangsang saraf optik sehingga memungkinkan tuna netra dapat melihat.

4. Impan Gelombang Otak
Peralatan percobaan yang dapat membaca gelombang otak dapat membuat orang lumpuh untuk menggunakan komputer bahkan berjalan lagi. Pada tahun 2004, ahli bedah melakukan implan 96 sensor listrik ke otak pada Matt Nagle (25 tahun) yang memungkinkan dia menggunakan lengan robot untuk memindahkan mouse komputer dengan lengannya. Sekarang sudah ada BeBionic 3, untuk orang yang lengannya diamputasi.

5. Impan Energi Alam
Setiap pergerakan tubuh seperti berjalan dan bernafas dapat digunakan untuk memberikan tenaga pada ponsel dan alat pacu jantung. Ilmuwan sedang bekerja untuk itu, implan fim karet tipis yang bisa mengumpulkan energi dari gerakan tubuh lalu mengirimnya untuk menghidupkan alat-alat elecktronik.

6. Layar TV pada Retina
Para peneliti di University of Washington telah mengembangkan semi-transparent LED yang bisa diintegrasikan dengan kontak lensa. Array LED dapat menampilkan gambar di atas retina yang fokus dan sempurna. Bila layar dimatikan, Array LED tidak terlihat sehingga kontak dapat dipakai setiap saat.

7. Audio Receiver “Supertooth”
Microchip ini mampu mengirimkan data melalui Bluetooth. Tapi apakah Anda mau mengorbankan gigi Anda untuk dipasang alat ini?

8. Organ Tiruan.
Apakah Anda pernah mengenal seseorang pada daftar transplantasi organ vital seperti jantung atau paru-paru? Tentunya betapa mengerikan proses yang akan dilakukan. Proses pengambilan tersebut bisa saja gagal. Teknologi memungkinkan sebuah alat tiruan yang bekerja sama persis seperti orgna vital. Tapi alat ini biasanya digunakan sebagai pilihan terakhir.
Share this article :

Post a Comment

Admin

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2013. Fama Gulz - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modify by Fama Gulz
Proudly powered by Blogger